Filsafat Pendidikan : Pengertian, Cabang, dan Alirannya



Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia atau philosophos. Philos atau philein berarti teman atau cinta, dan shopia shopos kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah atau berarti. Dengan demikian filsafat berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (menjadi kata sifat) bisa berarti teman kebijaksanaan (kata benda) atau induk dari segala ilmu pengetahuan.

Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, harmonis, dinamis. guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.
Filsafat mengkaji lima cabang utama, yaitu:
  1. Logika (hal yang benar dan salah)
  2. Etika (hal yang baik dan buruk)
  3. Estetika (hal yang indah dan jelek/buruk)
  4. Metafisika (hakekat keberadaan zat, pikiran dan kaitannya)
  5. Politik ( organisasi pemerintahan yang ideal)
Sedangkan filsafat mempunyai beberapa aliran, beberapa aliran tersebut yaitu; Pertama Filsafat pendidikan progresivisme, aliran ini adalah suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar pada masa mendatang.

Kedua, aliran progresivisme yang didukung oleh filsafat pragmatisme, aliran ini mengajarkan bahwa yang benar apa yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan perantaraan akibat-akibatnya yang bermanfaat secara praktis.

Ketiga, filsafat pendidikan esensialisme, Esensialisme adalah pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak peradaban umat manusia. Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nila-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai yang mempunyai tata jelas.

Keempat, idealisme dan realisme Realisme, Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Secara logika, antara idealisme dan realisme tidak bisa dipertentangkan. Sebab, pencetus idealisme (Plato) adalah murid dari pencetus realisme (Socrates). Sedangkan realisme adalah suatu aliran filsafat yang luas yang meliputi materialisme disatu sisi dan sikap yang lebih dekat kepada idealisme objektif di pihak lain. Realisme adalah pandangan bahwa objek-objek indera adalah riil dan berada sendiri tanpa bersandar kepada pengetahuan lain atau kesadaran akal. Kedua aliran tersebut adalah pendukung dari aliran filsafat pendidikan esensialisme.

Kelima adalah Filsafat pendidikan perenialisme yang didukung oleh idealisme, Perenialisme sendiri lahir dari suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Perenialisme menentang pandangan progresivisme yang menekan perubahan dan suatu yang baru. Perenialisme memandang situasi dunia dewasa ini penuh kekacauan, ketidakpastian, terutama dalam kehidupan moral, intelektual, dan sosikultural.

Keenam adalah filsafat rekontruksionisme yaitu menyusun kembali. Rekonstruksionisme merupakan salah satu aliran filsafat yang merupakan kelanjutan yang logis dari cara berpikir progresifisme dalam pendidikan , rekonstruksionisme berasal dari bahasa inggris yaitu "Reconstruct" yang artinya adalah membangun kembali, aliran ini bertujuan untuk merombak kembali susunan lama dan mengubahnya ke tatanan hidup yang baru dan bercorak modern ,  aliran ini dianggap lebih baik karena menyatakan jika tidak cukup jika seorang siswa atau individu hanya berfokus pada pengalaman kemasyarakatan di sekolah , namun juga mempelopori ke arah masyarakat baru yang diinginkan sesuai perkembangan hidup dan kehidupan sebagai konsekuensi perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi dan juga seni.

Achmad Migy Pratama Wicaksono
Achmad Migy Pratama Wicaksono Saya seorang amatiran yang sotoy tapi baik

No comments for "Filsafat Pendidikan : Pengertian, Cabang, dan Alirannya"